You are here: Home » Investasi » Pilih Mana, Investasi Langsung atau Tidak Langsung?

Pilih Mana, Investasi Langsung atau Tidak Langsung?

millennial-investmentpic : millennial investment via big money investment

 

Pilih Mana, Investasi Langsung atau Tidak Langsung – Bagi kalian yang belum pernah berinvestasi di pasar modal, mungkin belum memahami perbedaan peran antara Perantara Pedagang Efek (PPE) atau broker atau pialang efek dengan peran manajer investasi.  Peran masing-masing pihak di atas berkaitan dengan pilihan kalian , apakah memilih investasi langsung atau tidak langsung.

 

“Dalam hal berinvestasi di bursa saham, investasi langsung artinya kalian akan secara langsung mengelola investasi sendiri. Artinya perlu melakukan analisis, memilih saham dan mengambil keputusan investasi sendiri membeli atau menjual saham“.

 

Kalian harus menjadi nasabah perusahaan yang memiliki izin usaha sebagai PPE. Melalui PPE, Anda memiliki akses ke bursa, baik untuk menemukan pembeli (jika menjual) atau menemukan penjual (jika membeli).

 

“Jika berinvestasi secara tidak langsung, kalian tidak perlu mengelola investasi sendiri. Artinya tidak perlu menganalisa, memilih saham dan mengambil keputusan jual atau beli di bursa sendiri. Siapa yang menggantikan? Dialah manajer investasi (MI)”.

 

Umumnya masyarakat bisa memanfaatkan jasa MI melalui produk reksadana. Melalui reksadana, banyak investor yang memiliki tujuan sama “berkumpul” dalam satu wadah reksadana dan MI yang mengelola dana kolektif dari sekian banyak investor itu.

 

[ Baca Juga : Suherman, Sang Satpam Yang Sukses Lewat Investasi Saham ]

 

MI dengan kewenangannya yang diberikan investor akan mewakili dan mengambil alih peran pengelolaan yang sebelumnya perlu dilakukan sendiri oleh investor, sehingga memudahkan investor dalam berinvestasi. Dalam melakukan transaksi jual dan beli saham di bursa, MI sebagai pengelola reksadana tetap perlu menjadi nasabah PPE.

Dari uraian tersebut jelas bahwa peran MI adalah sebagai pengelola investasi yang dapat diberi wewenang oleh nasabah mengelola dana. Sementara PPE adalah pialang yang memiliki akses ke bursa untuk mengeksekusi instruksi beli atau jual saham dari investor.

 

[ Baca Juga : 7 Pengeluaran Tak Terduga Yang Bisa Bikin Anggaran Bobol ]

 

PPE tidak memiliki kewenangan mengelola dana nasabah. Jadi sebaiknya kalian sebagai investor memahami, bahwa jika kalian berinvestasi langsung di bursa saham, Kklian yang harus mengelola dan mengambil keputusan investasi sendiri. PPE bisa saja menyajikan hasil analisis dari para analis saham yang mereka miliki, atau mereka memiliki rekomendasi beli atau jual atas suatu saham, tetapi keputusan investasi harus tetap di tangan kalian.

Halofina is Your Personal Finance Assistant | Aplikasi yang membantu Anda menemukan #InvestasiTepat sesuai rencana hidup Anda | www.halofina.id

http://www.halofina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *