You are here: Home » Personal Finance » 5 Kebiasaan yang Bikin Keuangan Bermasalah

5 Kebiasaan yang Bikin Keuangan Bermasalah

kebiasaan-yang-bisa-bikin-keuangan-berantakanpic : kebiasaan yang bisa bikin keuangan bermasalah via liputan 6

 

5 Kebiasaan yang  Bikin Keuangan Bermasalah – siapa sih yang mau keuangannya bermasalah, tentunya semua orang tidak ingin mengalaminya.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut memang tidak mudah, bukan hanya sekedar kita memiliki rencana anggaran saja, namun juga harus bisa merubah kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari bisa berdampak pada kondisi keuangan kita.

Berikut ini 5 kebiasaan yang bisa bikin keuangan bermasalah :

 

1. Tidak Mencatatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran sering diabaikan karena dianggap ribet, padahal hal tersebut penting dilakukan untuk melacak pengeluaran kita. Dengan demikian cashflow keuangan kita bisa lebih terkendali. Saat ini banyak aplikasi gratis yang bisa kita gunakan lewat HP untuk mencatat keuangan, diantaranya adalah monefy dan moneylovers

2. Menunda Investasi Sampai “Punya Uang Lebih”

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi kerap menjadi alasan seseorang untuk menunda berinvestasi padahal berinvestasi harus dimulai sesegera mungkin. Berapapun penghasilan yang kita terima usahakan bisa menyisihkannya minimal 10% – 30% untuk investasi.

 

point pentingnya disini adalah seharusnya bukan investasi yang ditunda, tapi konsumsi kita yang harus disesuaikan, supaya penghasilan yang diterima bisa disisihkan untuk investasi”.

 

[ Baca Juga : 5 Langkah Mudah Membuat Anggaran Keuangan ]

 

3. Menghabiskan Semua Penghasilan

Jangan pernah terlena dengan penghasilan rutin yang pasti kita terima setiap bulan, sehingga uang yang diterima dihabiskan begitu saja. Perlu kita ingat bahwa kemungkinan buruk bisa terjadi kapan saja, jadi usahakan untuk tidak menghabiskan semua uang. Penghasilan yang kita terima jangan sepenuhnya dikonsumsi, tetapi harus juga disisihkan untuk ditabung dan investasi.

 

4. Mengabaikan Tagihan

Saat menerima tagihan, sebaiknya segera lunasi saat itu juga sesuai nominal yang harus dibayar, karena menunda tagihan tidak serta merta menyelesaikan masalah. Sampai kapanpun tagihan harus tetap dibayar, malah kalau tagihan tersebut berbunga jumlah yang harus dibayar akan terus membengkak.

 

[ Baca Juga : Dana Darurat, Ban Serep Investasi ]

 

5. Membayar Sesuatu Yang Tidak Digunakan

Coba periksa semua pengeluaran, barangkali diantaranya terdapat biaya berlangganan suatu produk, seperti langganan majalah, software, atau tv kabel yang langsung auto debet dari rekening kita.

Jika terdapat produk yang sudah jarang atau hampir tidak pernah digunakan sebaiknya kita pastikan untuk berhenti berlangganan produk tersebut. Kenapa, karena menggunakan sistem perpanjangan otomatis kadang tanpa kita sadari kita membayar sesuatu yang sudah tidak digunakan.

 

Halofina is Your Personal Finance Assistant | Aplikasi yang membantu Anda menemukan #InvestasiTepat sesuai rencana hidup Anda | www.halofina.id

http://www.halofina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *